F . A . Q

Keunggulan paling minimal adalah: memiliki kecakapan mumpuni di bidang bahasa Inggris dan Mandarin. Kedua bahasa ini saat ini paling diminati pasar kerja dan dunia bisnis.

Universitas memiliki reputasi baik, pengembangan IPTEK maju pesat, ijazah diakui secara internasional.

Lingkungan akademik ditopang oleh lingkungan berteknologi maju dan lingkungan bisnis yang dapat merupakan bahan pelajaran secara live.

Berkesempatan memiliki jaringan profesional dan internasional.

Secara budaya, bergesekan dengan budaya kerja ulet, tangguh dan hidup cerdas dan efektif.

Biaya kuliah terjangkau.

Biaya hidup sehari-hari rata-rata sama dengan di Indonesia.

Cek lagi di KULIAH.

Bahasa yang digunakan dalam aktivitas perkuliahan adalah bahasa Inggris atau bahasa Mandarin (tergantung jurusan dan universitasnya).

Tidak harus. Namun jika memiliki dasar bahasa Mandarin, lebih bagus dan bermanfaat bagi komunikasi sehari-hari di kampus maupun di luar kampus.

Untuk perkuliahan yang menggunakan pengantar bahasa Mandarin, mahasiswa baru akan diikutkan pelajaran Bahasa Mandarin selama 1 tahun.

Sebelum masuk masa registrasi ulang untuk perkuliahan utama pada jurusan kamu, kamu harus telah mengantongi sertifikat kelulusan HSK pada level tertentu (level kecakapan bahasa Mandarin tergantung jurusan). 

Pada jurusan tertentu membutuhkan minimal HSK 5 sebagai syarat ikut perkuliahan. Syarat kelulusan akhir, harus HSK 6.

HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) adalah ujian kecakapan berbahasa Mandarin. Level terendah adalah HSK 1, tertinggi adalah HSK 6.

Untuk kuliah di Tiongkok, standard kecakapan bahasa Inggris tidak terlalu tinggi. Beberapa jurusan mensyaratkan TOEFL 500 atau IELTS 5.5.

Bisa. Apabila persyaratan administrasi dsb terpenuhi. Bahasa tidak menjadi kendala karena kamu akan diikutkan pelajaran bahasa Mandarin selama 1 tahun sebelum masuk perkuliahan utama. Kamu bisa memilih jurusan yang menggunakan pengantar bahasa Mandarin. Cek lagi PENDAFTARAN KULIAH.

Pada kondisi normal, waktu 1 tahun efektif dan cukup untuk mempelajari bahasa Mandarin untuk menembus level HSK 5.

Namun jika kamu tidak lulus HSK yang dipersyaratkan, kamu bisa mengikuti ujian ulang HSK kapan pun dalam masa 1 tahun itu, sampai lulus dengan skor yang memenuhi syarat mengikuti perkuliahan.

Ujian HSK pertama kali, dilaksanakan sebelum masa 1 tahun habis, sehingga kamu punya waktu cukup untuk ujian ulang.

Sebelum masuk masa registrasi ulang untuk perkuliahan utama pada jurusan kamu, kamu harus telah mengantongi sertifikat kelulusan HSK pada level tertentu (level kecakapan bahasa Mandarin tergantung jurusan). 

Bisa. Selama kamu memenuhi syarat dan sesuai dengan masa pemberlakuan beasiswa ybs. Cek kembali di BEASISWA

Inilah pertanyaan paling banyak. Mungkin maksud pertanyaannya adalah: “apakah warga asing yang tinggal di Tiongkok mendapatkan ajaran atau doktrin komunisme dari pemerintah Tiongkok”? Jawabnya: tidak. Tidak seorangpun warga asing termasuk pelajar atau mahasiswa internasional di Tiongkok yang diajari atau didoktrin paham komunisme. Catatan: Di Indonesia sempat beredar hoax tentang hal ini. Bedakan dengan “mempelajari komunisme sebagai pelajaran atau mata kuliah”. Kalau yang ini, di Indonesia juga diajarkan, yaitu dalam mata kuliah ilmu sosial dan ilmu politik.. 🙂 

Tidak ada doktrin ideologi apapun yang diberikan oleh pemerintah Tiongkok kepada warga asing termasuk kepada mahasiswa internasional.

Pertanyaan ini biasanya terkait dengan pertanyaan tentang “komunisme” dan seringkali ditanyakan dengan nada kawatir. Tiongkok menganut “komunisme” sebagai sistem politik pemerintahannya, yang artinya negara hadir secara kuat untuk mengatur warga negaranya. Namun, segala hal yang terkait urusan privat, seperti agama dan peribadatan, pemerintah Tiongkok sama sekali tidak campur tangan. Dengan kata lain, pemerintah Tiongkok memberi kebebasan kepada siapapun yang tinggal di Tiongkok untuk beragama apapun dan beribadah dengan cara apapun.

Prinsipnya adalah: yang penting tidak melawan negara dan atau mengganggu ketertiban umum, orang bebas beragama apa saja dan beribadah seperti apa saja, bahkan tidak beragama pun diperbolehkan.

Ada satu masjid besar di pusat kota. Biasanya untuk shalat Jumat, shalat hari raya dan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Di kota-kota kcil juga terdapat beberapa masjid. Di area kampus juga mudah mencari tempat ibadah dari berbagai agama. Melakukan kegiatan keagamaan juga mudah, seperti pengajian, kebaktian, dsb. Bahkan berhari raya Idul Fitri dan Idul Adha bagi mahasiswa muslim juga mudah dilakukan di Tiongkok.

Tidak ada satupun universitas di dunia ini yang dapat menggaransi lulusannya untuk pasti bisa memperoleh pekerjaan hanya dengan modal ijazah.

Mendapatkan pekerjaan memerlukan banyak syarat, diantaranya kecakapan (skills), kepribadian, kegigihan, keuletan dsb selain faktor keberuntungan.

Namun, skills, kegigihan, keuletan  dan ketangguhan kamu selama menempuh perkuliahan di Tiongkok; serta kemampuan 2 bahasa yang kamu miliki hasil kuliah dan hidup di Tiongkok yakni bahasa Inggris dan bahasa Mandarin, akan menjadi nilai tambah bagi kamu dalam persaingan di dunia kerja.

Hampir semua anak yang kuliah di Tiongkok, belum pernah pergi ke luar negeri sebelumnya. Jangan kawatir, kami membantu penyiapan keperluan pemberangkatan kamu ke Tiongkok. Setiba di bandara Tiongkok pun kami jemput untuk kami antar ke asrama dan kampus. Kami dampingi untuk mengurus kebutuhan awal, baik terkait administrasi kampus maupun keimigrasian, buka rekening bank Tiongkok, juga pengenalan lokasi-lokasi penting, dsb. Cek lagi LAYANAN KAMI.

Bekerja, dalam pengertian bergabung institusi pemberi kerja, atau bekerja dengan suatu ikatan kontrak, tidak bisa dan tidak boleh. Namun melakukan sesuatu aktivitas yang dapat bernilai uang, memungkinkan untuk dilakukan. Misalnya, -seperti yang dilakukan oleh sebagian mahasiswa Indonesia-,  jualan makanan atau minuman atau barang lain, atau aktivitas memindahkan barang dari supplier atau toko grosir dengan mengutip selisih harga, jasa titip, masih memungkinkan.

Terdapat banyak sekali peluang di Tiongkok yang dapat dimanfaatkan, karena sumberdaya ekonomi bisnis sangat banyak tersedia (tergantung daerahnya). Apalagi sistem ekonomi Tiongkok telah bergeser ke sistem kapitalisme.

Kejelian membaca peluang dan kreativitas kamu akan sangat membantu kamu menemukan dan memanfaatkan sumberdaya ekonomi-bisnis tersebut. Cek lagi LAYANAN KAMI dan Tips Hidup Kreatif & Mandiri di Tiongkok.

  • Terms of Service
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Copyright 2017 KuliahTiongkok.com
Design By: ZonaWeb.Co.Id

Perlu Bantuan? Silakan Chat Kami

Hallo. Selamat Datang di Website KuliahTiongkok.com. Silakan chat Customer Support kami di sini.

Bagian Penjemputan & Perbantuan di Tiongkok

Nikko

Online

Bagian Pendaftaran & Administrasi

Wawan

Online

Nikko

Hallo, saya Nikko. Ada yang bisa saya bantu terkait PENJEMPUTAN & PERBANTUAN DI TIONGKOK? 00.00

Wawan

Hallo, saya Wawan. Ada yang bisa saya bantu terkait PENDAFTARAN & ADMINISTRASI? 00.00