Giat Mahasiswa

Kegiatan mahasiswa Indonesia di Tiongkok, selain kegiatan akademik di kampus, di antaranya:

Kegiatan Budaya (Culture Exhibition)

Yakni pameran budaya dari negara-negara asal mahasiswa di berbagai universitas di Tiongkok.

Masing-masing peserta menampilkan pertunjukan kesenian daerah asal, busana tradisional, termasuk seni beladiri.

Traditional Games Festival

Even gelaran permainan tradisional oleh mahasiswa Indonesia. Ada balap karung dan aneka permainan tradisional lain.

Kegiatan Social dan Keagamaan

Kegiatan peribadatan bagi masing-masing mahasiswa internasional. Islam, Kristen, Buddha, dll. Di area kampus juga tersedia mushalla, gereja, ruang meditasi. Kegiatan shalat Jumat dan shalat Idul Fitri dilaksanakan di masjid kota di pusat kota., karena hanya ada satu masjid di pusat kota.

Kamu juga bisa ikut aktif ikut kegiatan social semisal donor darah, bakti social maupun sekadar hangout bersama teman-teman.

Pemerintah Tiongkok memberikan kebebasan kepada warga negaranya dan warga asing yang tinggal dan berada di Tiongkok dalam hal agama. Mau beragama apa saja termasuk tidak beragama pun tidak ada larangan dan tidak ada urusan karena agama adalah ranah privat. Selama tidak melakukan aktivitas yang melawan pemerintah dan atau mengganggu ketertiban umum, maka kehidupan sosialnya aman-aman saja.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok

kuliah di tiongkokPerhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) merupakan organisasi yang mewadahi mahasiswa Indonesia di Tiongkok. Organisasi ini ada mulai dari tingkat kepengurusan ranting yakni di tingkat universitas, kemudian tingkat cabang yakni di kota atau distrik tempat universitas berada. Pada tingkat cabang terdapat beberapa ranting atau beberapa universitas. Kemudian tingkat pusat yang berpusat di Beijing (PPI Negara). Dan tingkat dunia yakni PPI Dunia yang mewadahi PPI Negara di berbagai negara. Dan, untuk kepengurusan PPI Dunia pada periode 2019 – 2020 Koordinator PPI Dunia dijabat oleh PPI Tiongkok.

Diaspora Indonesia

belajar bahasa mandarinDiaspora, adalah kelompok bangsa atau etnis yang tinggal jauh dari kampung halamannya karena suatu penyebab demografis baik itu karena faktor alam, sosial, ekonomi maupun politik. Dalam perkembangan sosial-politik, diaspora kemudian memiliki arti yang merujuk pada orang-orang perantauan yang tinggal di luar negeri. Mengikut definisi ini, maka, anak-anak Indonesia yang sedang kuliah di Tiongkok, adalah tergolong ‘diaspora Indonesia yang sedang berada di Tiongkok’. Diaspora Indonesia di Tiongkok ini memiliki komunitas yang sering mempertemukan para diaspora Indonesia di Tiongkok dan luar Tiongkok.

Slide di bawah ini adalah sebagian foto kegiatan Diaspora Indonesia

Indonesian Connect

INDONESIAN CONNECT, merupakan sebuah ajang aktivitas mahasiswa Indonesia di Tiongkok, yang diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok. 

Indonesia Connect memfasilitasi anak-anak Indonesia di Tiongkok dalam kerangka kerjasama bilateral Indonesia – Tiongkok di bidang pendidikan.

Ajang khusus ini perlu dibentuk karena makin meningkatnya animo anak-anak Indonesia untuk kuliah di Tiongkok. Maka dibutuhkan informasi kuliah di Tiongkok, informasi beasiswa, serta informasi hidup di Tiongkok secara valid.

Nikkolai Ali Akbar, Ketua Panitia “Indonesian Connect 2019”.
  • Terms of Service
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Copyright 2017 KuliahTiongkok.com
Design By: ZonaWeb.Co.Id

Perlu Bantuan? Silakan Chat Kami

Hallo. Selamat Datang di Website KuliahTiongkok.com. Silakan chat Customer Support kami di sini.

Bagian Penjemputan & Perbantuan di Tiongkok

Nikko

Online

Bagian Pendaftaran & Administrasi

Wawan

Online

Nikko

Hallo, saya Nikko. Ada yang bisa saya bantu terkait PENJEMPUTAN & PERBANTUAN DI TIONGKOK? 00.00

Wawan

Hallo, saya Wawan. Ada yang bisa saya bantu terkait PENDAFTARAN & ADMINISTRASI? 00.00