Kerja Seusai Kuliah

Ini kisah teman-teman yang kuliah di universitas di Tiongkok, langsung kerja seusai kuliah S1. Lulus S1 maksudnya. Kalau aku sih secara umum, menurut kamus umum kebanyakan orang, selama kuliah ini mungkin belum bisa dikatakan ‘bekerja’. Walaupun dari aktivitasku itu aku mendapatkan insentif lumayan yang membuat hidupku di rantau ini lumayan menyenangkan hehe… Bukan bekerja ya? Gak pa pa… Bagiku yang penting bukan sebutannya, tapi substansinya… hoho….

Kalau selama kuliah di Tiongkok, memang tidak boleh kerja (baca tulisan terdahulu ya) dalam arti kerja dalam ikatan kontrak kerja dengan institusi pemberi kerja. Tetapi kalau melakukan aktivitas freelance yang dapat bernilai uang atau menghasilkan uang (dan itu banyak peluang di Tiongkok), ya boleh boleh saja. Apalagi era digital begini. Hampir seluruh “aktivitas berbau uang” tersebut dapat dilakukan secara online.

Dalam tulisan ini, aku bagikan sekilas saja, pengalaman teman-temanku, para seniorku yang lulus duluan dan kerja di Indonesia. Denger-denger sih dapat gaji yang lumayan gede, untuk ukuran fresh graduate. Kebanyakan mereka ini direkrut oleh pasar kerja karena pertimbangan bahasa Mandarin yang bagus. Ya iyalah, kuliah dan hidup di Tiongkok. Bahasa Mandarinnya sudah tak diragukan lagi. Inilah keunggulan minimalis kuliah di Tiongkok sodara-sodara…

Sebagian dari mereka sih bekerja di luar disiplin ilmunya. Pemberi kerja membutuhkan kecakapan bahasa Mandarin saja. Jika soal ini, lulusan universitas di Indonesia juga demikian. Misalnya, lulusan jurusan teknik sipil kerja di bank hehe..

Nah.. sebagian teman-temanku, seniorku juga gitu. Kadang yang seperti ini juga karena mereka kuliah di Tiongkok supaya mendapat “gelar ekstra” lulusan Tiongkok  dan ingin memperdalam bahasa Mandarin saja. Hitung-hitung, dapat bahasa, dapat ilmu. Ada tuh seniorku, G (perempuan), lulus universitas kedokteran di Chongqing, kerja sebagai interpreter bahasa Mandarin di Indonesia. Gajinya lumayan gede. Anaknya seneng banget ternyata. Nah..

Ada pula, Calin, lulus dari teknik informatika universitas di Zhengzhou University, langsung mendapat tawaran kerja di bank terkemuka Indonesia berkedudukan di kantor pusat (headquarter), di Jakarta. Tanpa tes pula, “hanya” memperlihatkan ijazah universitas di Tiongkok tersebut. Pihak bank tersebut sudah langsung percaya kualifikasi yang dibutuhkan begitu melihat ijazah dari universitas di Tiongkok. Lagi-lagi, bahasa Mandarin yang diutamakan.

Lho… kenapa gak kuliah jurusan bahasa Mandarin saja?

Jusru dengan kuliah jurusan teknik, informatika, kedokteran, psikologi, dll, bisa dapat ilmu-ilmu tersebut disamping bahasa Mandarin yang pasti didapatnya pula!

Kecuali kalau memmang mau mempelajari bahasa Mandarin hingga ke akar-akarnya, ke aspek sastra Mandarin misalnya atau kebudayaan Tiongkok misalnya. Lain soal. Kalau “hanya” ingin menguasai bahasa Mandarin, kuliahlah di jurusan yang kamu sukai, dapat ilmu dobel deh… dapat ilmu yang kamu sukai itu, dapat pula bahasa Mandarin! 

Masih banyak contoh lain kisah sukses kerja seusai kuliah. Begitu lulus kuliah langsung dapat kerja. Lapangan kerja yang paling “mudah” adalah guide bahasa Mandarin dan penerjemah bahasa Mandarin.

Menurut penuturan beberapa pelaku usaha tour and travel, dan dibenarkan oleh tour leader-nya, bahwa honor untuk guide bahasa Mandarin lebih mahal daripada guide bahasa Inggris! Mungkin bahasa Inggris sudah dianggap pasaran kali yaa…. 🙁 🙂

Dan, penerjemah bahasa Mandarin juga lumayan gede gajinya… wuih wuih… hehe…

Kisah-kisah kerja seusai kuliah, akan kutulis lagi di tulisan mendatang ya gaess… Akan kucari nara sumber lain nanti, yakni mereka yang kerja selulus kuliah. Kalau mereka ada waktu, mereka sendiri yang kuminta menuliskan pengalaman mereka sendiri untuk diterbitin di sini. Gimana gaes….

Okay gaess… sampai ketemu di tulisan mendatang ya….

Tetap semangat… jia you ! 加油 !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Terms of Service
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Copyright 2017 KuliahTiongkok.com
Design By: ZonaWeb.Co.Id

Perlu Bantuan? Silakan Chat Kami

Hallo. Selamat Datang di Website KuliahTiongkok.com. Silakan chat Customer Support kami di sini.

Bagian Penjemputan & Perbantuan di Tiongkok

Nikko

Online

Bagian Pendaftaran & Administrasi

Wawan

Online

Nikko

Hallo, saya Nikko. Ada yang bisa saya bantu terkait PENJEMPUTAN & PERBANTUAN DI TIONGKOK? 00.00

Wawan

Hallo, saya Wawan. Ada yang bisa saya bantu terkait PENDAFTARAN & ADMINISTRASI? 00.00