Kuliah di Tiongkok?

Apa yang terbayang di benakmu ketika mendapati kata “Tiongkok”, “Cina”? Langsung teringat panda? Jack Ma? Alibaba? Perang dagang Amerika Serikat – Cina? Terbayang teknologinya? Industri maju? Akhir-akhir ini pemberitaan tentang kiprah internasional negeri Panda ini semakin gencar.

Seiring dengan semakin menguatnya peran internasional negeri yang dulu terkenal dengan julukan “Negeri Tirai Bambu” ini, negeri berpenduduk seperlima penduduk bumi ini kini semakin diminati oleh pemburu ilmu! Lebih-lebih pemerintah Tiongkok akhir-akhir ini makin aktif memajukan kualitas pendidikan di negerinya.

Kamu telah berada pada pilihan yang tepat dengan memilih pendidikan tinggi di Tiongkok sebagai pengantar penajaman ilmu dan kecakapanmu.

Perkuliahan di perguruan tinggi di Tiongkok dimulai pada bulan Agustus atau September pada setiap tahunnya. Masa pendaftaran kuliah secara dari universitas dilakukan pada bulan Januari – Maret setiap tahunnya. Dalam satu tahun hanya ada satu kali masa penerimaan pendaftaran mahasiswa baru. 

Mulailah bersiap-siap pada bulan Desember agar memiliki waktu cukup mempersiapkan persyaratan beserta proses penyiapannya. 

Kami sering menyarankan bagi pendaftar kuliah di Tiongkok untuk mulai tune-in pada bulan November agar lebih aman karena perlu waktu yang cukup karena sebagian besar persyaratan administrasi berhubungan dengan instansi yang juga punya kesibukan. Dan pantau terus informasi pendaftaran kuliah di Tiongkok agar tak ketinggalan jadual.

kuliah di tiongkok bahasa pengantar mandarin

Gambaran Umum dan Bahasa Pengantar

Perguruan tinggi di Tiongkok menerapkan sistem semester (6 bulan) dengan masa perkuliahan efektif selama sepuluh bulan dalam setahun, dengan masa libur kuliah rata-rata pada bulan Juli sampai bulan Agustus, bertepatan dengan libur musim panas.

Bahasa pengantar dalam kegiatan perkuliahan adalah bahasa Inggris atau bahasa Mandarin. Calon mahasiswa dapat memilih perkuliahan dengan menggunakan pengantar bahasa Inggris ataukah bahasa Mandarin.

Untuk perkuliahan dengan pengantar bahasa Mandarin, mahasiswa baru mendapatkan pelajaran bahasa Mandarin selama 1 tahun, dengan ujian kelulusan kecakapan bahasa Mandarin (disebut HSK) untuk melanjutkan kuliah sesuai pilihan jurusannya. 

HSK, (Hanyu Shuiping Kaoshi) adalah standard kemampuan bahasa Mandarin. Terendah adalah HSK 1, tertinggi HSK 6. Syarat mengikuti perkuliahan harus memiliki sertifikat minimal HSK 5. Untuk kelulusan membutuhkan HSK 6.

Calon mahasiswa yang memiliki sertifikat HSK yang mencukupi kebutuhan perkuliahan yakni HSK 5, bisa langsung mengikuti perkuliahan tanpa harus ikut pelajaran bahasa Mandarin terlebih dahulu.

Untuk perkuliahan yang menggunakan pengantar bahasa Inggris, pada umumnya kampus-kampus Tiongkok menerapkan persyaratan kecakapan bahasa Inggris tidak terlalu tinggi, yakni TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 5.5.

Biaya Kuliah

Pada umumnya biaya kuliah di universitas negeri di Tiongkok berkisar antara RMB 12.000 sampai RMB 35.000 per tahun ajaran. Sedangkan di universitas swasta berkisar antara RMB 50.000 sampai RMB 80.000 per tahun ajaran.

Setiap universitas menerapkan nominal biaya yang berbeda-beda. Namun biaya tersebut telah meliputi seluruh kebutuhan pembelajaran standard, termasuk praktikum, buku dan fasilitas pembelajaran lainnya. 

  • Terms of Service
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Copyright 2017 KuliahTiongkok.com
Design By: ZonaWeb.Co.Id

Perlu Bantuan? Silakan Chat Kami

Hallo. Selamat Datang di Website KuliahTiongkok.com. Silakan chat Customer Support kami di sini.

Bagian Penjemputan & Perbantuan di Tiongkok

Nikko

Online

Bagian Pendaftaran & Administrasi

Wawan

Online

Nikko

Hallo, saya Nikko. Ada yang bisa saya bantu terkait PENJEMPUTAN & PERBANTUAN DI TIONGKOK? 00.00

Wawan

Hallo, saya Wawan. Ada yang bisa saya bantu terkait PENDAFTARAN & ADMINISTRASI? 00.00