peta kuliah tiongkok

LIFE IN TIONGKOK

belajar bahasa mandarin untuk kuliah di tiongkok

Hidup di Tiongkok bagi mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa asal Indonesia, dalam lingkup kampus secara umum hampir sama dengan hidup di area kampus di Indonesia. Hanya saja bedanya, di Tiongkok bakal bertemu dengan aneka hal baru: teman baru dari berbagai negara, tata cara kehidupan yang baru, budaya baru, iklim dan cuaca alam baru, dsb.

Persiapan awal, siapkan mentalmu. Tidak perlu me-refresh mata pelajaran, karena di sana akan dimulai mata kuliah baru. Justru yang kamu siapkan adalah, mental yang kuat, siap hidup di rantau, bersama teman-teman rantau yang lain dari Indonesia dan berbagai negara. Kamu akan hidup di arena baru. Bawa pakaian yang sekarang ada saja, tidak perlu beli yang baru, mending beli di sana saja karena harganya murah dan bagus-bagus. Hanya dengan 20-40 RMB kamu sudah dapat pakaian bagus!

biaya hidup di tiongkok

Biaya Hidup

Biaya hidup rata-rata di kota-kota di Tiongkok untuk kalangan mahasiswa terbilang relatif sama dengan di Indonesia, kecuali di kota besar seperti Beijing. Namun semua itu tergantung pada gaya hidup mahasiswa itu sendiri. Bisa hemat, bisa boros. Hemat pun tak harus menyiksa diri lho. Pengalaman para senior kamu yang telah duluan kuliah dan hidup di Tiongkok membuktikan bahwa mereka bisa hidup layak tanpa mahal. Biaya makan kurang lebih sama dengan biaya makan di beberapa kota menengah di Indonesia yakni antara 7 – 10 RMB per porsi. Atau sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 (kurs 1 RMB = Rp. 2.200,-). Itu harga rata-rata makanan di kantin di area kampus. Di luar kampus, semisal di kota, harga makanan minuman sekitar 3 kali lipat dari harga makan di area kampus.


biaya hidup di tiongkok

Mata Uang dan Alat Pembayaran

Tiongkok menggunakan mata uang bernama RMB (Ren Min Bi) atau lebih dikenal dengan “yuan” atau China Yuan (CNY).
Dalam transaksi sehari-hari, yang lebih sering digunakan adalah uang elektronik, yakni AliPay, WeChatPay.
Demikian pula jika kamu ingin tukar uang dari Rupiah ke RMB atau sebaliknya.

Untuk kamu yang mau berangkat ke Tiongkok, tidak usah bingung dengan penukaran IDR dengan RMB. Kami menyediakan fasilitas penukaran mata uang tersebut dengan mudah. Berita bagusnya, kami mendapatkan nilai tukar (exchange rate) atau kurs lebih bagus, sehingga kamu bisa dapat RMB lebih banyak daripada penukaran pada umumnya.

Kamu tinggal kontak kami, kemudian kamu transfer uang IDR-nya ke rekening bank kami (rekening Indonesia), kamu mendapat RMB setiba di Tiongkok yang dibawakan oleh tim penjemputan kami. Hindari membawa uang tunai dalam jumlah banyak di dalam tas maupun koper bagasi!

makan bareng kawan

Makanan Minuman

Yang memudahkan, sebagai sesama masyarakat Asia, perbedaan yang ada tidaklah jauh. Bahkan pada umumnya, orang Indonesia hampir tidak pernah mendapatkan kesulitan, karena banyak sekali persamaan. Menu masakan: bakso, cakue, bakpao, mie, sup, sayuran, di Indonesia juga banyak, dan lidah orang Indonesia telah berpengalaman merasakan aneka masakan Cina (chinese food).

Bagi yang memiliki pantangan khusus tentang makanan, misalnya terkait dengan keyakinan agama, di Tiongkok aman dalam memilih menu konsumsi. Mau memilih daging sapi, babi, ayam, telur dsb tertera dengan jelas. Di kantin kampus pun demikian.

Pilihan mendapat makanan (dan minuman juga): kantin kampus dengan harga terjangkau, atau memasak sendiri di tempat tinggal (asrama, flat).

Bagi yang ingin masak sendiri, beberapa asrama menyediakan fasilitas dapur. Belanja kebutuhan dapur dapat dilakukan di supermarket yang ada di area kampus.

Tempat Tinggal

Tempat tinggal mahasiswa terdapat beberapa pilihan yakni: asrama (dormitory), flat / apartemen. Namun kebanyakan mahasiswa asing memilih tinggal di asrama kampus yang terletak di dalam area kampus. Pertimbangannya adalah harga yang lebih murah!

Letaknya yang di dalam area kampus, memudahkan menjangkau ruang kuliah.

Untuk mahasiswa baru ditempatkan di asrama untuk tahun pertama. Selebihnya bebas, bisa memilih untuk tinggal di asrama atau flat/ apartemen. Harga sewa asrama lebih murah daripada flat atau apartemen. Asrama per kamar dihuni oleh beberapa mahasiswa. Beberapa asrama menyediakan fasilitas dapur.

Biaya tempat tinggal asrama di area kampus antara RMB 4.500 - RMB 5.000 per tahun.
Di asrama ini, kamu bakal tinggal bersama teman, bisa berdua, bisa berempat.

belajar bahasa mandarin untuk kuliah di tiongkok

Tempat Rekreasi

Jika sewaktu-waktu bosan atau jenuh, kamu bisa rekreasi di rempat-tempat yang lumayan menarik dan tidak membuat kantong bocor. Perpustakaan kampus dan taman kampus yang luas adalah spot rekreasi favorit mahasiswa.
Di samping itu kamu juga bisa jalan-jalan atau bersepeda di sekitar kampus, atau jalan-jalan ke luar kampus.

Kamu juga bisa jalan-jalan ke Macau pulang pergi hanya dengan Rp. 10.000 lho.. Ke Hongkong juga dekat. Itu bagi yang kuliah dan tinggal di Guangzhou dan Zhuhai.

kuliah di tiongkok mainnya ke macau dan hongkong

"Sedang menatap hamparan Macau di seberang laut". Ini kuliahnya di Tiongkok, mainnya ke Macau dan Hongkong. Murah lagi! Cuman kurang dari Rp. 10.000,- PP! Saya (waktu itu) tinggal di Zhuhai untuk belajar bahasa Mandarin. Kini sudah di Guangzhou untuk kuliah"

- Nikkolai Ulyanov -

Sarana Transportasi

Sarana transportasi umum dalam kota adalah MRT, bus, taxi yang semuanya full AC. Tarifnya?
Jangan kawatir. Bila kamu naik MRT dan turun di pemberhentian terdekat tarifnya 2 RMB atau Rp. 4.000-an. Jika turun di pemberhentian paling jauh tarifnya RMB 7 atau sekitar Rp. 14.000-an.

Sedangkan tarif bus, jauh / dekat tarifnya antara RMB 1 - 2 atau sekitar Rp. 2.000-an sampai Rp. 4.000-an.
Jadi bayangin sendiri deh jika kamu berencana ingin jalan-jalan menyusuri seantero kota di sepanjang jalur kereta listrik ini cukup hanya dengan RMB 7 !

Taxi, jelas lebih mahal. Tarif pembuka (buka pintu) tarifnya RMB 12, selebihnya RMB 2 per kilometer.
Dalam area kampus dan tempat tinggal, bisa ditempuh dengan jalan kaki maupun bersepeda. Tersedia persewaan sepeda kayuh di area kampus dengan harga sewa yang murah. Jika mau membeli, kamu bisa juga membeli sepeda kayuh atau sepeda motor listrik, dan kamu pun dapat menjualnya kembali kelak jika kamu tidak membutuhkannya lagi.

musim salju di tiongkok

Akses Internet

Akses internet rata-rata kuat. Kamu bisa pakai paketan data internet berbasis kartu seluler seperti di Indonesia. Hanya saja, bedanya: biaya internet jauh lebih murah! Yakni, untuk paket data di nomor seluler, misalnya China Mobile 50 RMB (Rp. 100.000-an) dapat 120 GB sebulan! Tiap-tiap daerah provinsi harga dan fasilitas paketan berbeda-beda. Harga tetap murah. Tetapi jangan kaget jika akses Google beserta produk-produknya, termasuk Facebook, dibatasi. Jangan kawatir, untuk ini tetap ada solusi. Masih bisa kok pakai Google, YouTube dkk itu.

biaya hidup di tiongkok

Tempat Perbelanjaan

Toko di area kampus, toko di kota. Banyak tempat belanja, termasuk belanja online. Yang terpenting adalah bahwa kamu harus bijak menggunakan uangmu untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Kamu juga bisa beli belanjaan untuk oleh-oleh orang rumah jika pulang kampung. Pilihan paling mudah dan gak ribet ya belanja online, atau memanfaatkan jasa titip (jastip).
Soal belanja, Tiongkok terkenal mudah dan anti ribet. Kalau Indonesia baru belajar mengenal uang non-tunai atau uang elektronik, Tiongkok telah melakukan transaksi dengan uang elektronik mulai sepuluh tahun lalu. Kini, orang-orang Tiongkok, dan orang-orang yang tinggal di Tiongkok lebih sering menggunakan uang elektronik dalam transaksinya daripada uang tunai.

kuliah di tiongkok

Kamu yang bakal tinggal di Tiongkok bagian tengah atau utara, akan menjumpai musim dingin yang bersalju dan bersuhu di bawah nol bahkan hingga -10 derajat celsius. Beijing dan Shanghai hampir sama. Wilayah Chongqing, tidak terlalu utara sehingga bersuhu lumayan, yakni musim dingin sekitar 0 derajat dan musim panas bisa sampai 40 derajat celsius. Yang paling mirip dengan iklim Indonesia yakni tropis adalah Guangzhou, karena letaknya paling selatan.

Jadi kalau keberangkatan kamu ke Tiongkok bertepatan dengan musim dingin (winter) yakni antara bulan Oktober - Desember, bawalah baju tebal dari Indonesia untuk berjaga-jaga. Baju tebal, atau disebut "baju hangat" adalah baju yang benar-benar tebal, seperti yang di film-film itu.

  • Terms of Service
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Copyright 2017 KuliahTiongkok.com
Design By: ZonaWeb.Co.Id

Perlu Bantuan? Silakan Chat Kami

Hallo. Selamat Datang di Website KuliahTiongkok.com. Silakan chat Customer Support kami di sini.

Bagian Penjemputan & Perbantuan di Tiongkok

Nikko

Online

Bagian Pendaftaran & Administrasi

Wawan

Online

Nikko

Hallo, saya Nikko. Ada yang bisa saya bantu terkait PENJEMPUTAN & PERBANTUAN DI TIONGKOK? 00.00

Wawan

Hallo, saya Wawan. Ada yang bisa saya bantu terkait PENDAFTARAN & ADMINISTRASI? 00.00