Pengalaman Peserta KuliahTiongkok.com Mendapat Beasiswa Penuh

Pengalaman Peserta KuliahTiongkok.com Mendapat Beasiswa Penuh

Pengalaman Nikkolai Ulyanov, peserta KuliahTiongkok.com kuliah di Tiongkok dan berhasil mendapat beasiswa penuh (full scholarship), menarik untuk dibaca. Berawal dari kegalauannya setelah berkuliah Game Development di KDU, Selangor, Malaysia, ia ingin kuliah di Tiongkok. Guangzhou yang menjadi incarannya. Kenapa? Ia ingin mengembangkan bisnis yang selalu diimpikannya. Selama di Malaysia, ia senantiasa bersinggungan dengan komunitas akademik dan industri yang sangat “berbau” Tiongkok. Bahasa Mandarin paling banyak digunakan di dunia bisnis yang ia saksikan di Malaysia, walaupun di dunia akademik tetap menggunakan bahasa Inggris.

Impiannya ingin bisa kuliah di Guangzhou, tercapailah. Uniknya, ia memulai kuliah di Tiongkok (Guangzhou) berangkat dengan modal bahasa Mandarin nol, alias tidak bisa sama sekali.

Kampus pilihannya, yang menerimanya, dan sekaligus memberinya beasiswa penuh, yakni Sun Yat Sen University, memberinya kesempatan mengikuti kelas pelajaran bahasa Mandarin selama 1 tahun di Sun Yat Sen University kampus Zhuhai. Alhasil, Nikkolai berhasil menyabet nilai HSK 5 pada ujian akhir tahun untuk bahasa Mandarin. Kemudian ia melanjutkan kuliah jurusannya, yakni Software Engineering di Sun Yat Sen University kampus Guangzhou.

Berikut penuturan Nikolai Ulyanov:

“Saya Nikkolai Ulyanov, mahasiswa Sun Yat Sen University (SYSU) jurusan Software Engineering dengan beasiswa penuh dengan dibantu oleh KuliahTiongkok.com. Saya masuk SYSU pada September 2018. Pada saat mendaftar, saya tidak bisa bahasa Mandarin. Saya mengikuti pelajaran bahasa Mandarin di kampus SYSU Zhuhai selama satu tahun. Alhamdulillah saya lulus HSK 5 dan saat ini saya sudah pindah ke kampus SYSU Guangzhou untuk perkuliahan saya.

Oh ya sebelum ini saya adalah mahasiswa School of Computer & Multimedia jurusan Game Development di KDU Selangor, Malaysia. Saya memilih pindah ke SYSU karena kampus Tiongkok lebih mendukung rancangan keahlian saya. Di samping itu, Guangzhou adalah kota bisnis yang merupakan daya tarik tersendiri bagi saya. Saya ingin mengembangkan bisnis yang ditopang kemampuan IT. Lagian… saya di sini kan dapat beasiswa penuh”. “Saya berterima kasih kepada KuliahTiongkok.com. Maju teruuss… Bantu anak-anak Indonesia!”

Selama di Zhuhai, Nikkolai kadang pergi jalan-jalan ke Macau bersama teman-temannya. Zhuhai – Macau ditempuhnya selama 1 jam dengan bus dengan ongkos Rp. 8.000,- pergi-pulang.

kuliah di tiongkok mainnya ke macau dan hongkong
Nikkolai Ultanov menatap masa depan.. eh, menatap hamparan laut yang memisahkan daratan Zhuhai dengan Macau.. Hayuk kuliah di Tiongkok… tapi mainnya ke Macau dan Hongkong. Murah lagi! Hehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Terms of Service
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Copyright 2017 KuliahTiongkok.com
Design By: ZonaWeb.Co.Id

Perlu Bantuan? Silakan Chat Kami

Hallo. Selamat Datang di Website KuliahTiongkok.com. Silakan chat Customer Support kami di sini.

Bagian Penjemputan & Perbantuan di Tiongkok

Nikko

Online

Bagian Pendaftaran & Administrasi

Wawan

Online

Nikko

Hallo, saya Nikko. Ada yang bisa saya bantu terkait PENJEMPUTAN & PERBANTUAN DI TIONGKOK? 00.00

Wawan

Hallo, saya Wawan. Ada yang bisa saya bantu terkait PENDAFTARAN & ADMINISTRASI? 00.00