Ujian Pertama di Kampus Tiongkok

Ujian Pertama di Kampus Tiongkok

Ujian! Kata itu, terlepas di mana pun, kapan pun, dan siapa pun, seringkali menjadi momok yang cukup menyita waktu dan perhatian. Terlebih lagi untuk kami, sekumpulan anak rantau yang tengah menuntut ilmu kedokteran di Negeri Panda ini. Terlebih lagi, Biokimia merupakan mata kuliah yang bisa dibilang cukup ‘berat’ untuk semester ini. Yaahh, walaupun para senior mengatakan bahwa masih banyak mata kuliah di universitas di Tiongkok ini yang jauh lebih “menantang” ke depannya. Sebut saja Anatomi Regional, Biologi Sel, Radiologi dan banyak lagi yang lainnyaaaa… 🙂 Seratus tiga.. eh… 🙂

Yes, perjalanan saya dan kawan-kawan di negeri kungfu ini masih panjang rupanya. Masih akan menginjak semester keempat, tentu saja masih banyak lika-liku dan tantangan baru yang tengah menanti kami di semester-semester berikutnya.

Kembali ke masalah ujian. Biokimia, merupakan mata kuliah yang terakhir kali ‘diujikan,  pada tanggal 13 Januari 2016 kemarin.  Bel pertanda ujian telah usai turut menandai akhir perjuangan kami untuk semester ini. Ya, mata kuliah yang paling susah sengaja ‘disajikan’ terakhir, persis seperti ketika bermain video gameBoss di setiap level permainan selalu dilawan terakhir. Dan, bisa saya katakan dengan bangga bahwa di level 3 (semester 3, red) ini saya berhasil menaklukkan ‘Boss’nya. Setidaknya saya cukup yakin bahwa saya ‘menghajar’nya dengan tepat. K.O.

kuliah di tiongkok

Tentu saja hal itu tidak mudah. Dibutuhkan persiapan yang cukup matang untuk menghadap Boss di level ini. Saya yang dari dulu selalu terlalu PD, sehingga selalu merasa dengan tidak perlu belajar nilai ujian saya akan tetap baik-baik saja (dan faktanya memang selalu begitu), kini harus bersedia dan dengan rela tunduk pada kenyataan bahwa di ‘pertarungan’ kali ini, saya memerlukan persiapan yang matang.

Bersambung…

Pernah terbit di:

http://nikkoakbar.blogspot.com/2016/01/ujian.html

Keterangan gambar ilustrasi: gambar ini hanya sebagai ilustrasi, tidak mencerminkan “ujianku yang pertama”, tetapi ujianku yang ke sekian kalinya. Maklum, ujian pertama tak bisa kufoto. Aku: berdiri, nomor 2 dari kanan yang badannya gede itu. Itu temanku dari Denmark berdarah Irak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Terms of Service
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Copyright 2017 KuliahTiongkok.com
Design By: ZonaWeb.Co.Id

Perlu Bantuan? Silakan Chat Kami

Hallo. Selamat Datang di Website KuliahTiongkok.com. Silakan chat Customer Support kami di sini.

Bagian Penjemputan & Perbantuan di Tiongkok

Nikko

Online

Bagian Pendaftaran & Administrasi

Wawan

Online

Nikko

Hallo, saya Nikko. Ada yang bisa saya bantu terkait PENJEMPUTAN & PERBANTUAN DI TIONGKOK? 00.00

Wawan

Hallo, saya Wawan. Ada yang bisa saya bantu terkait PENDAFTARAN & ADMINISTRASI? 00.00